Cara Mencuci Sarung Tenun

Negeri kita Indonesia tercinta ini memiliki budaya dan kerajinan lokal/nasional bahkan internasional yang cukup membuat kita bangga. Salah satunya ada pada dunia busana dengan hasil produksi berupa sarung yang dikerjakan secara tradisional dengan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM). Di Kota Gresik, terdapat banyak sekali pengerajin sarung tenun sutra, ada beberapa daerah yang menjadi pusat produksi jenis sarung sutera tersebut, diantaranya adalah di Kecamatan Cerme yang tersebar di beberapa desa, seperti Desa Pandu, Desa Jambu, Desa Kambingan, Desa Wedani, Desa Gedang Kulut, dll. Nah, untuk sebuah produk yang spesial seperti itu pastilah ada metode perawatan yang spesial juga. He3x,…nah kali ini kendil laundry gresik akan membagi tips yang dapat digunakan untuk mencuci sarung tenun. Simak dan semoga bermanfaat ya,…oh ya catatan yang perlu diketahui informasi yang kami bagi ini diperoleh dari berbagai sumber.

"Alat Tenun Bukan Mesin"

Sebenarnya sarung tenun dengan bahan sutera itu tahan kotor dan mudah untuk dibersihkan. Jika kita selalu memperhatikan cara pencucian yang benar maka sarung tenun sutera kita dapat lebih awet dan warnanya tidak pudar (tetap terjaga). Perlaukan terhadap kain berbahan sutera memang berbeda dengan bahan lain, terutama dalam hal mencuci. Untuk kain sarung tenun sutera sebaiknya dilakukan pencucian kering/tanpa air (dry clean) karena lebih praktis dan mudah (tersedia di banyak laundry menu cuci dry clean), tetapi kalau anda ingin melakukan dengan mencuci dengan cara basah (wet clean), maka anda harus memperhatikan cara-cara mencuci yang benar, nah dibawah ini beberapa cara yang lazim digunakan untuk mencuci sarung tenun berbahan sutra.

Cara mencuci sarung tenun yang benar : :-)

Pertama, jangan mencuci menggunakan mesin cuci.
Kedua, air pencucian boleh menggunakan air PDAM, air sumur atau air dari sumber mata air yang lain, namun tidak diperbolehkan menggunakan air hujan langsung karena kadar asamnya tinggi.
Ketiga, sarung dicuci dengan air yang banyak (kira-kira 50 liter) tapi tidak menggunakan sabun atau detergen.
Keempat, jika memiliki lebih dari satu sarung sutera, maka jangan mencuci secara bersamaan, harus satu persatu, bekas air cucian satu sarung tidak boleh dipakai untuk sarung yang lain.
Kelima, dalam mencuci, sarung jangan direndam ( ditaruh lama dalam air), hanya dilorot yaitu dicelup dan diangkat beberapa kali lebih kurang 5-7 kali.
Keenam, selanjutnya diperas sampai merata lalu segera dijemur di tempat teduh yang tidak langsung kena sinar matahari.
Ketujuh, saat menjemur sarung sutera dianjurkan menggunakan batangan pipa/kayu/bambu atas bawah (lihat gambar) supaya kain tidak saling menempel dan warnanya tidak bernoda
Kedelapan, selanjutnya jika sudah kering, maka sarung tenun siap untuk diseterika (catatan: pada saat menyeterika jangan menggunakan suhu yang panas, gunakan pilihan yang sedang saja.

Ok, semoga bermanfaat ya

Tips / Artikel Lainnya :

Cara Membersihkan Sofa

Meskipun Kendil Laundry Gresik tidak melayani cuci sofa, namun kali ini kami akan berbagi tips mencuci sofa. Seperti kita tahu, sofa memang sudah menjadi perabot wajib di rumah kita, entah disediakan untuk tamu, atau hanya sekedar untuk nonton TV. Oleh karena itu tak jarang sofa kita terciprat noda atau bahkan tersiram, wah kalau itu yang terjadi maka sofa cantik anda akan kotor. Dan kalau tidak segera anda bersihkan (noda sampai kering) akan semakin sulit untuk menghilangkannya. Alhasil sofa diruang tamu kita menjadi front liner yang kucel dan kusam, he3x :-)

Nah disini Kendil Laundry Gresik mencoba untuk berbagi tips yang bisa anda gunakan untuk mencuci sofa, ikuti urutannya :
Pertama, hilangkan debu di sofa dengan menggunakan vacuum cleaner. Cara ini harus dilakukan untuk membuat pra kondisi cuci sofa, dengan tujuan pembersihan awal.
Kedua, buatlah cairan pembersihnya, yaitu dengan cara mencampurkan detergen dengan air hangat dan tambahkan sedikit cuka pada campuran itu (namun juga tersedia shampo khusus yang dipakai untuk sofa, sehingga langkah kedua tersebut hanya sebagai alternatif)
Ketiga, sikat pada bagian kotor (ternoda) dengan sikat lembut / halus (seperti sikat gigi), lakukan penyikatan sampai sofa bersih dan noda benar-benar hilang. Ingat, jangan menggunakan sikat yang bulunya kasar, karena dapat mengakibatkan serat kain pelapis sofa rusak).
Keempat, setelah noda bersih maka lakukan pengeringan dengan cara mengelap (menggunakan lap bersih dan kering) dengan cara ditekan-tekan. Namun kwan-kawan juga bisa menjemurnya (jangan dibawah terik matahari langsung).
Nah, kalau sofa kita terkena noda minyak, tinta atau kue maka cara membersihkannya adalah dengan cara teteskan pemutih (sedikit saja) pada bagian sofa yang terkena noda, lalu gosok dengan lap bersih. Kemudian lap lagi dengan kain yang sudah dibasahi oleh campuran air hangat dan detergen seperti diatas tadi. Lakukan berulang-ulang sampai noda disofa hilang. Jika sudah bersih, lalu keringkan seperti cara empat diatas.
Ok, informasi mengenai cara membersihkan sofa tadi diperoleh dari berbagai sumber dan semoga bermanfaat. Thanks.

Tips / Artikel Lainnya:

Memanfaatkan Lerak Sebagai Sabun Pencuci Batik

Kawan-kawn ketemu lagi dengan kendil laundry gresik, kali ini kita coba akan bagi informasi mengenai lerak dan kegunaanya. Semoga bermanfaat ya,…:-)

Sebelumnya mari kita cari tahu apa itu lerak, he3x. Lerak dikenal dengan nama latin sapindus rarak de candole menurut informasi hasil saya googling, he :-), tumbuhan lerak ini memang asli tumbuhan Indonesia, yang dahulunya banyak di tanam dipekarangan rumah penduduk. Mereka memanfaatkan buah ini untuk mencuci pakaian, bahkan juga perhiasan
Dan ternyata sampai sekarang-pun masih banyak yang mengenal lerak sebagai alat cuci pengganti sabun, terutama penggunaanya pada pakaian-pakaian batik, sarung bahkan pakaian berbahan spesial lainnya seperti sutra. Malahan sudah banyak yang memproduksi lerak dalam bentuk kemasan yang lebih mudah untuk digunakan, dan disimpan. Banyak merk dipasaran mengenai produk sabun lerak ini. Wah kayaknya lerak ini akan mampu menjadi trend setter baru dalam dunia sabun cuci : (he2 :-)) sesuai semangat ramah lingkungan yang dewasa ini menghentak pikiran kita bahwa sebetulnya selama ini penggunaan detergen kimia secara masal memiliki dampak signifikan terhadap kerusakan tanah.
Ok, sekarang coba kita lihat cara mencuci batik dengan lerak, (maksudnya disini bukan lerak yang sudah jadi, kalau udah jadi ya tinggal pakai saja). Buah lerak dikeringkan, kemudian ditumbuk halus dan campur dengan air hangat. Larutan ini dapat digunakan untuk merendam batik selama semalam. Pencucian batik dengan buah lerak terbukti mampu mempertahankan kualitas kain seperti saat dibuat. Lakukan pencucian dengan cara seperti biasa.

Tips / Artikel Lainnya :

Tips Merawat Karpet

Selamat pagi, siang, sore, or malem kawan-kawan. Kali ini Kendil Laundry Gresik akan berbagi tips merawat salah satu perabot dekorasi rumah yang bernama KARPET. (pasti kalau berurusan dengan perabot yang satu ini bayangannya pasti kotor, berdebu dan nyucinya beratttt banget).
Sekarang karpet sudah sering untuk dijadikan sebagai salah satu elemen dekoratif di ruang tamu atau ruang keluarga. Tetapi masalahnya karpet tergolong sebagai perabot yang mudah kotor (ya iyalah tempatnya dibawah, sering keinjek-injek, ketumpahan kopi, dll) sudah pasti baunya macem-macem, asin, asem kayak nano-nano (he :-)). Seharusnya setiap kali kotor cepat-cepatlah anda mencuci karpet, sebab kalau menunggu sampai menumpuk kotorannya akan sangat sulit sekali dihilangkan.
Nah, berikut ini adalah langkah-langkah sederhana yang dapat anda lakukan segera agar karpet kembali bersih.
Gunakan vacuum cleaner untuk menyedot debu yang menempel di karpet. Bersihkan minimal dua hari sekali agar kotoran tidak sulit dibersihkan. Jika noda masih sulit dibersihkan, artinya saatnya anda mencuci karpet. Kalau tidak mau repot, gunakan saja jasa kendil laundry gresik untuk membantu membersihkannya.
Ubah posisi karpet minimal sebulan sekali. Tukar bagian karpet yang jarang dilalui orang, supaya warna karpet tidak belang dan dapat dibersihkan secara merata.
Usahakan posisi karpet tidak terkena cahaya matahari langsung. Pancaran sinarnya menyebabkan warna karpet mudah pudar. Atur sedemikian rupa agar posisi karpet “tersembunyi”.
Untuk menghilangkan bau apek atau bau tak sedap lainnya, cobalah menaburkan bubuk baking soda di atas permukaan karpet. Setelah 30 menit, bersihkan bubuk tersebut dengan vacuum cleaner . Baking soda dipercaya dapat menghilangkan bau tak sedap pada karpet.
Membersihkan karpet ternyata sangatlah mudah. Yang penting rajin-rajin lah membersihkannya, kotoran yang menumpuk malah menyulitkan anda untuk merawatnya. Jadi jangan tunda membersihkan karpet atau perabot rumah lainnya, apalagi setelah rumah anda ramai dikunjungi oleh para tamu.

Tips / Artikel Lainnya:

Tips/Cara Mencuci Karpet Dengan Air

Cara mencuci karpet dengan air:

Pertama, gelar dilantai, lalu lakukan penghilangan debu dengan menggunakan vacuum cleaner, cara ini sangat penting untuk membuat kondisi pra cuci karpet lebih ideal, sebab rata-rata kotoran karpet adalah endapan debu.

Kedua, bentangkan karpet dan gantung di tali jemuran, atau alat penyangga yang khusus, tujuannya adalah untuk memposisikan karpet mudah dialiri air, dan tidak tergenang (sebab jika tergenang berpotensi untuk merusak lem karpet) :-)

Ketiga, setelah karpet berhasil dibentangkan maka semprot karpet dengan air (lebih baik menggunakan alat penyemprot supaya tekanan air sedikit lebih kuat)

Keempat, setelah karpet dibasahi (berfungsi juga untuk menguapkan kotoran yang menempel) maka langkah selanjutnya adalah melumuri karpet dengan sabun khusus karpet (shampo karpet) / kalau tidak ada bisa menggunakan sabun yang berbahan lembut, seperti natural soap, sabun bayi.

Kelima, sikatlah bagian yang kotor denganmenggunakan sikat lembut, jangan menyikat terlalu keras karena dapat merontokkan bulu karpet.

Keenam, setelah dipastikan semua bagian kotor karpet sudah disikat, maka siramlah dengan air (proses pembilasan) dengan semprotan yang tidak keras (lembut), biarkan air mengalir mengangkut kotoran-kotoran di karpet.

Ketujuh, keringkan karpet di tempat yang tidak langsung terkena sinar matahari (agar bulu karpet tidak kasar) namun tempat yang memiliki cukup sirkulasi udara (untuk menghindari bau).

Kedelapan, setelah karpet anda pastikan kering taburi dengan baking soda untuk menghilangkan bau, dan setelah 30 menit bersihkan karpet dengan menggunakan vacuum cleaner lagi.

Kesembilan, gulung / lipat karpet sesuai struktur aslinya, kemudian kemas dalam plastik kalau belum dipakai, untuk menghindari karpet terkena debu.

Kesepuluh, kalau malas yah bawa saja ke Kendil Laundry Gresik, :-)

Tambahan, dengan mencuci menggunakan air, maka Insya Allah unsur suci dapat terpenuhi, apalagi kalau itu merupakan karpet Masjid.!

Tips / Artikel Lainnya :

Tips Mencuci Korden

Hari minggu gini, cucian numpuk banyak banget di Kendil Laundry Gresik, kalau kawan-kawan punya pakaian kotor dirumah bawa saja sekalian kesini, biar tambah padet, hex3 :-) promosiii. halal kok.

Apa kabar kawan-kawan , tetep sehat dan semangat ya. Nah, kali ini Kendil Laundry akan berbagi tips untuk mencuci korden. Biasanya kan korden itu paling jarang dicuci, padahal dia seringkali menjadi front liner ruang tamu kita, wkwkwk :-) masak kucel begitu, mbok ya di bawa ke kendil laundry biar bersih dan wangi, hex. Atau kalau masih malas untuk keluar rumah, ya telephon aja di 031 71904262 Kendil Laundry siap membantu, masih nggak mau juga,..? ya cuci sendiri aja, :-) ini tipsnya kendil laundry share buat kawan-kawan.

Pertama, pisahkan korden yang luntur
Kedua, lihat tingkat kekotoran korden (biasanya debu banyak yang nyangkut, tak jarang juga telor nyamuk,..wah- :-) nggak bisa di ceplok itu mas,..? ).
Ketiga, larutkan 2 genggam garam halus kedalam air yang sudah di taruh di bak atau ember besar (bukan mau masak ini bro :-) tapi mau nyuci)
Keempat, rendam korden dalam larutan air garam tersebut selama minimal 30 jam, eh salah maksutnya 30 menit saja, soalnya kalau 30 jam bisa jadi ikan asin :-)
Kelima, setelah melalui proses perendaman baru dicuci dengan menggunakan detergen biasa.
Keenam, Keringkan tidak langsung dibawah sinar matahari, ( dibawah pohon boleh kok :-) ) lebih baik diangin-anginkan saja.
Ketujuh, setelah kering setrika yang halus (usahakan jangan terlalu panas / kalau ada pakai setrika uap / kalau gak punya setrika uap bawa ke kendil laundry saja :-) )
Kedelapan, pasang kembali korden di jendela rumah
Kesembilan, undang temen-temen kerumah anda.
Kesepuluh, anda akan mendapat pujian,…waaaaaaah kordennya asin bangettttt,….hehehehehe,… :-) bercanda terussss, maksutnya dapat pujian wah bersih banget.

oke, itulah petunjuk rahasia mencuci korden. :-) semoga bermanfaat.

Tips / Artikel Lainnya:

Manfaat Cuka pada Tahapan Mencuci

Suatu hari si budi (maafin kalu ada kesamaan nama :-) ) kecil garuk melulu, padahal si budi ngak panuan, :-) padahal juga baju si budi barusan juga udah di cuci sama mak, tapi kok gatal kenapa ya? he3 x, jumpa lagi dengan kendil laundry, satu-satunya laundry di gresik yang rajin berbagi tips, wkwkwkwwk :-) sombong nih,….::: nggak bapak-bapak, ibu-ibu, mas-mas, mbak-mbak, kendil laundry hanya bercanda saja, biar nggak cepet tua. Nah kejadian yang di alami si budi kecil tadi itu bisa jadi disebabkan karena sisa detergen pada saat mak mencuci baju masih nyangkut di baju budi. Lho kok bisa, ya bisa aja lah, wong pas nyuci kan mak pakai detergen, trus bilasnya bisa jadi kurang bersih (sisa residu detergennya maksutnya). Lha trus gimana dong caranya,..? :-( sabar, nih kendil laundry gresik kasih tips untuk menghilangkan sisa detergen, simak baik-baik ya, jangan lupa kasih komentar yang positif jangan yang negatif :-)

Ayo kita bilas pakai air cuka, nah loh :-), nih penjelasannya:

Cuka laundry ( bisa juga menggunakan cuka masak :-) beneran lho) berguna untuk meluruhkan sisa-sisa detergen, alkali, kimia yang melekat pada pakaian setelah proses cuci. Kan pada saat nyuci kita pakai detergen, bleach, alkali, dll. Jadi manfaat cuka laundry ini sangat baik untuk kesehatan kulit anda, selain itu pemberian cuka laundry pada air bilasan dapat juga untuk melembutkan seratkain pakaian anda, juga dapat mematikan kuman dan bakteri, plus bonus tambahan yaitu mengawetkan warna pakaian. wow,…. :-)

hey, anda harus tau kalau anda mencuci menggunakan detergen kemudian pembilasannya kurang bersih (sisa kandungan detergen masih nempel di baju) maka pada saat setrika kemungkinan gosong jadi lebih tinggi. So, anda boleh memanfaatkan cuka pada saat pembilasan. Detergen, alkali atau kimia laundry lainnya bersifat basa dengan kadar PH 10 atau diatasnya, sehingga dengan diberi cuka maka akan bisa neutral, sebab cuka memiliki sifat asam. Begitu sederhanaya, untuk lebih detail mengenai reaksi kimia anda boleh tanya ke ahli kimia, he3x :-) tetapi menurut pengalaman kami begitu itu. Ok? :-)

Semoga bermanfaat ya info ini
Tips / Artikel Lain-nya :