Cara Mencuci Sarung Tenun

Negeri kita Indonesia tercinta ini memiliki budaya dan kerajinan lokal/nasional bahkan internasional yang cukup membuat kita bangga. Salah satunya ada pada dunia busana dengan hasil produksi berupa sarung yang dikerjakan secara tradisional dengan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM). Di Kota Gresik, terdapat banyak sekali pengerajin sarung tenun sutra, ada beberapa daerah yang menjadi pusat produksi jenis sarung sutera tersebut, diantaranya adalah di Kecamatan Cerme yang tersebar di beberapa desa, seperti Desa Pandu, Desa Jambu, Desa Kambingan, Desa Wedani, Desa Gedang Kulut, dll. Nah, untuk sebuah produk yang spesial seperti itu pastilah ada metode perawatan yang spesial juga. He3x,…nah kali ini kendil laundry gresik akan membagi tips yang dapat digunakan untuk mencuci sarung tenun. Simak dan semoga bermanfaat ya,…oh ya catatan yang perlu diketahui informasi yang kami bagi ini diperoleh dari berbagai sumber.

"Alat Tenun Bukan Mesin"

Sebenarnya sarung tenun dengan bahan sutera itu tahan kotor dan mudah untuk dibersihkan. Jika kita selalu memperhatikan cara pencucian yang benar maka sarung tenun sutera kita dapat lebih awet dan warnanya tidak pudar (tetap terjaga). Perlaukan terhadap kain berbahan sutera memang berbeda dengan bahan lain, terutama dalam hal mencuci. Untuk kain sarung tenun sutera sebaiknya dilakukan pencucian kering/tanpa air (dry clean) karena lebih praktis dan mudah (tersedia di banyak laundry menu cuci dry clean), tetapi kalau anda ingin melakukan dengan mencuci dengan cara basah (wet clean), maka anda harus memperhatikan cara-cara mencuci yang benar, nah dibawah ini beberapa cara yang lazim digunakan untuk mencuci sarung tenun berbahan sutra.

Cara mencuci sarung tenun yang benar : :-)

Pertama, jangan mencuci menggunakan mesin cuci.
Kedua, air pencucian boleh menggunakan air PDAM, air sumur atau air dari sumber mata air yang lain, namun tidak diperbolehkan menggunakan air hujan langsung karena kadar asamnya tinggi.
Ketiga, sarung dicuci dengan air yang banyak (kira-kira 50 liter) tapi tidak menggunakan sabun atau detergen.
Keempat, jika memiliki lebih dari satu sarung sutera, maka jangan mencuci secara bersamaan, harus satu persatu, bekas air cucian satu sarung tidak boleh dipakai untuk sarung yang lain.
Kelima, dalam mencuci, sarung jangan direndam ( ditaruh lama dalam air), hanya dilorot yaitu dicelup dan diangkat beberapa kali lebih kurang 5-7 kali.
Keenam, selanjutnya diperas sampai merata lalu segera dijemur di tempat teduh yang tidak langsung kena sinar matahari.
Ketujuh, saat menjemur sarung sutera dianjurkan menggunakan batangan pipa/kayu/bambu atas bawah (lihat gambar) supaya kain tidak saling menempel dan warnanya tidak bernoda
Kedelapan, selanjutnya jika sudah kering, maka sarung tenun siap untuk diseterika (catatan: pada saat menyeterika jangan menggunakan suhu yang panas, gunakan pilihan yang sedang saja.

Ok, semoga bermanfaat ya

Tips / Artikel Lainnya :

Cara Membersihkan Sofa

Meskipun Kendil Laundry Gresik tidak melayani cuci sofa, namun kali ini kami akan berbagi tips mencuci sofa. Seperti kita tahu, sofa memang sudah menjadi perabot wajib di rumah kita, entah disediakan untuk tamu, atau hanya sekedar untuk nonton TV. Oleh karena itu tak jarang sofa kita terciprat noda atau bahkan tersiram, wah kalau itu yang terjadi maka sofa cantik anda akan kotor. Dan kalau tidak segera anda bersihkan (noda sampai kering) akan semakin sulit untuk menghilangkannya. Alhasil sofa diruang tamu kita menjadi front liner yang kucel dan kusam, he3x :-)

Nah disini Kendil Laundry Gresik mencoba untuk berbagi tips yang bisa anda gunakan untuk mencuci sofa, ikuti urutannya :
Pertama, hilangkan debu di sofa dengan menggunakan vacuum cleaner. Cara ini harus dilakukan untuk membuat pra kondisi cuci sofa, dengan tujuan pembersihan awal.
Kedua, buatlah cairan pembersihnya, yaitu dengan cara mencampurkan detergen dengan air hangat dan tambahkan sedikit cuka pada campuran itu (namun juga tersedia shampo khusus yang dipakai untuk sofa, sehingga langkah kedua tersebut hanya sebagai alternatif)
Ketiga, sikat pada bagian kotor (ternoda) dengan sikat lembut / halus (seperti sikat gigi), lakukan penyikatan sampai sofa bersih dan noda benar-benar hilang. Ingat, jangan menggunakan sikat yang bulunya kasar, karena dapat mengakibatkan serat kain pelapis sofa rusak).
Keempat, setelah noda bersih maka lakukan pengeringan dengan cara mengelap (menggunakan lap bersih dan kering) dengan cara ditekan-tekan. Namun kwan-kawan juga bisa menjemurnya (jangan dibawah terik matahari langsung).
Nah, kalau sofa kita terkena noda minyak, tinta atau kue maka cara membersihkannya adalah dengan cara teteskan pemutih (sedikit saja) pada bagian sofa yang terkena noda, lalu gosok dengan lap bersih. Kemudian lap lagi dengan kain yang sudah dibasahi oleh campuran air hangat dan detergen seperti diatas tadi. Lakukan berulang-ulang sampai noda disofa hilang. Jika sudah bersih, lalu keringkan seperti cara empat diatas.
Ok, informasi mengenai cara membersihkan sofa tadi diperoleh dari berbagai sumber dan semoga bermanfaat. Thanks.

Tips / Artikel Lainnya:

Memanfaatkan Lerak Sebagai Sabun Pencuci Batik

Kawan-kawn ketemu lagi dengan kendil laundry gresik, kali ini kita coba akan bagi informasi mengenai lerak dan kegunaanya. Semoga bermanfaat ya,…:-)

Sebelumnya mari kita cari tahu apa itu lerak, he3x. Lerak dikenal dengan nama latin sapindus rarak de candole menurut informasi hasil saya googling, he :-), tumbuhan lerak ini memang asli tumbuhan Indonesia, yang dahulunya banyak di tanam dipekarangan rumah penduduk. Mereka memanfaatkan buah ini untuk mencuci pakaian, bahkan juga perhiasan
Dan ternyata sampai sekarang-pun masih banyak yang mengenal lerak sebagai alat cuci pengganti sabun, terutama penggunaanya pada pakaian-pakaian batik, sarung bahkan pakaian berbahan spesial lainnya seperti sutra. Malahan sudah banyak yang memproduksi lerak dalam bentuk kemasan yang lebih mudah untuk digunakan, dan disimpan. Banyak merk dipasaran mengenai produk sabun lerak ini. Wah kayaknya lerak ini akan mampu menjadi trend setter baru dalam dunia sabun cuci : (he2 :-)) sesuai semangat ramah lingkungan yang dewasa ini menghentak pikiran kita bahwa sebetulnya selama ini penggunaan detergen kimia secara masal memiliki dampak signifikan terhadap kerusakan tanah.
Ok, sekarang coba kita lihat cara mencuci batik dengan lerak, (maksudnya disini bukan lerak yang sudah jadi, kalau udah jadi ya tinggal pakai saja). Buah lerak dikeringkan, kemudian ditumbuk halus dan campur dengan air hangat. Larutan ini dapat digunakan untuk merendam batik selama semalam. Pencucian batik dengan buah lerak terbukti mampu mempertahankan kualitas kain seperti saat dibuat. Lakukan pencucian dengan cara seperti biasa.

Tips / Artikel Lainnya :

Tips Merawat Karpet

Selamat pagi, siang, sore, or malem kawan-kawan. Kali ini Kendil Laundry Gresik akan berbagi tips merawat salah satu perabot dekorasi rumah yang bernama KARPET. (pasti kalau berurusan dengan perabot yang satu ini bayangannya pasti kotor, berdebu dan nyucinya beratttt banget).
Sekarang karpet sudah sering untuk dijadikan sebagai salah satu elemen dekoratif di ruang tamu atau ruang keluarga. Tetapi masalahnya karpet tergolong sebagai perabot yang mudah kotor (ya iyalah tempatnya dibawah, sering keinjek-injek, ketumpahan kopi, dll) sudah pasti baunya macem-macem, asin, asem kayak nano-nano (he :-)). Seharusnya setiap kali kotor cepat-cepatlah anda mencuci karpet, sebab kalau menunggu sampai menumpuk kotorannya akan sangat sulit sekali dihilangkan.
Nah, berikut ini adalah langkah-langkah sederhana yang dapat anda lakukan segera agar karpet kembali bersih.
Gunakan vacuum cleaner untuk menyedot debu yang menempel di karpet. Bersihkan minimal dua hari sekali agar kotoran tidak sulit dibersihkan. Jika noda masih sulit dibersihkan, artinya saatnya anda mencuci karpet. Kalau tidak mau repot, gunakan saja jasa kendil laundry gresik untuk membantu membersihkannya.
Ubah posisi karpet minimal sebulan sekali. Tukar bagian karpet yang jarang dilalui orang, supaya warna karpet tidak belang dan dapat dibersihkan secara merata.
Usahakan posisi karpet tidak terkena cahaya matahari langsung. Pancaran sinarnya menyebabkan warna karpet mudah pudar. Atur sedemikian rupa agar posisi karpet “tersembunyi”.
Untuk menghilangkan bau apek atau bau tak sedap lainnya, cobalah menaburkan bubuk baking soda di atas permukaan karpet. Setelah 30 menit, bersihkan bubuk tersebut dengan vacuum cleaner . Baking soda dipercaya dapat menghilangkan bau tak sedap pada karpet.
Membersihkan karpet ternyata sangatlah mudah. Yang penting rajin-rajin lah membersihkannya, kotoran yang menumpuk malah menyulitkan anda untuk merawatnya. Jadi jangan tunda membersihkan karpet atau perabot rumah lainnya, apalagi setelah rumah anda ramai dikunjungi oleh para tamu.

Tips / Artikel Lainnya:

Tips/Cara Mencuci Karpet Dengan Air

Cara mencuci karpet dengan air:

Pertama, gelar dilantai, lalu lakukan penghilangan debu dengan menggunakan vacuum cleaner, cara ini sangat penting untuk membuat kondisi pra cuci karpet lebih ideal, sebab rata-rata kotoran karpet adalah endapan debu.

Kedua, bentangkan karpet dan gantung di tali jemuran, atau alat penyangga yang khusus, tujuannya adalah untuk memposisikan karpet mudah dialiri air, dan tidak tergenang (sebab jika tergenang berpotensi untuk merusak lem karpet) :-)

Ketiga, setelah karpet berhasil dibentangkan maka semprot karpet dengan air (lebih baik menggunakan alat penyemprot supaya tekanan air sedikit lebih kuat)

Keempat, setelah karpet dibasahi (berfungsi juga untuk menguapkan kotoran yang menempel) maka langkah selanjutnya adalah melumuri karpet dengan sabun khusus karpet (shampo karpet) / kalau tidak ada bisa menggunakan sabun yang berbahan lembut, seperti natural soap, sabun bayi.

Kelima, sikatlah bagian yang kotor denganmenggunakan sikat lembut, jangan menyikat terlalu keras karena dapat merontokkan bulu karpet.

Keenam, setelah dipastikan semua bagian kotor karpet sudah disikat, maka siramlah dengan air (proses pembilasan) dengan semprotan yang tidak keras (lembut), biarkan air mengalir mengangkut kotoran-kotoran di karpet.

Ketujuh, keringkan karpet di tempat yang tidak langsung terkena sinar matahari (agar bulu karpet tidak kasar) namun tempat yang memiliki cukup sirkulasi udara (untuk menghindari bau).

Kedelapan, setelah karpet anda pastikan kering taburi dengan baking soda untuk menghilangkan bau, dan setelah 30 menit bersihkan karpet dengan menggunakan vacuum cleaner lagi.

Kesembilan, gulung / lipat karpet sesuai struktur aslinya, kemudian kemas dalam plastik kalau belum dipakai, untuk menghindari karpet terkena debu.

Kesepuluh, kalau malas yah bawa saja ke Kendil Laundry Gresik, :-)

Tambahan, dengan mencuci menggunakan air, maka Insya Allah unsur suci dapat terpenuhi, apalagi kalau itu merupakan karpet Masjid.!

Tips / Artikel Lainnya :

Tips Mencuci Korden

Hari minggu gini, cucian numpuk banyak banget di Kendil Laundry Gresik, kalau kawan-kawan punya pakaian kotor dirumah bawa saja sekalian kesini, biar tambah padet, hex3 :-) promosiii. halal kok.

Apa kabar kawan-kawan , tetep sehat dan semangat ya. Nah, kali ini Kendil Laundry akan berbagi tips untuk mencuci korden. Biasanya kan korden itu paling jarang dicuci, padahal dia seringkali menjadi front liner ruang tamu kita, wkwkwk :-) masak kucel begitu, mbok ya di bawa ke kendil laundry biar bersih dan wangi, hex. Atau kalau masih malas untuk keluar rumah, ya telephon aja di 031 71904262 Kendil Laundry siap membantu, masih nggak mau juga,..? ya cuci sendiri aja, :-) ini tipsnya kendil laundry share buat kawan-kawan.

Pertama, pisahkan korden yang luntur
Kedua, lihat tingkat kekotoran korden (biasanya debu banyak yang nyangkut, tak jarang juga telor nyamuk,..wah- :-) nggak bisa di ceplok itu mas,..? ).
Ketiga, larutkan 2 genggam garam halus kedalam air yang sudah di taruh di bak atau ember besar (bukan mau masak ini bro :-) tapi mau nyuci)
Keempat, rendam korden dalam larutan air garam tersebut selama minimal 30 jam, eh salah maksutnya 30 menit saja, soalnya kalau 30 jam bisa jadi ikan asin :-)
Kelima, setelah melalui proses perendaman baru dicuci dengan menggunakan detergen biasa.
Keenam, Keringkan tidak langsung dibawah sinar matahari, ( dibawah pohon boleh kok :-) ) lebih baik diangin-anginkan saja.
Ketujuh, setelah kering setrika yang halus (usahakan jangan terlalu panas / kalau ada pakai setrika uap / kalau gak punya setrika uap bawa ke kendil laundry saja :-) )
Kedelapan, pasang kembali korden di jendela rumah
Kesembilan, undang temen-temen kerumah anda.
Kesepuluh, anda akan mendapat pujian,…waaaaaaah kordennya asin bangettttt,….hehehehehe,… :-) bercanda terussss, maksutnya dapat pujian wah bersih banget.

oke, itulah petunjuk rahasia mencuci korden. :-) semoga bermanfaat.

Tips / Artikel Lainnya:

Manfaat Cuka pada Tahapan Mencuci

Suatu hari si budi (maafin kalu ada kesamaan nama :-) ) kecil garuk melulu, padahal si budi ngak panuan, :-) padahal juga baju si budi barusan juga udah di cuci sama mak, tapi kok gatal kenapa ya? he3 x, jumpa lagi dengan kendil laundry, satu-satunya laundry di gresik yang rajin berbagi tips, wkwkwkwwk :-) sombong nih,….::: nggak bapak-bapak, ibu-ibu, mas-mas, mbak-mbak, kendil laundry hanya bercanda saja, biar nggak cepet tua. Nah kejadian yang di alami si budi kecil tadi itu bisa jadi disebabkan karena sisa detergen pada saat mak mencuci baju masih nyangkut di baju budi. Lho kok bisa, ya bisa aja lah, wong pas nyuci kan mak pakai detergen, trus bilasnya bisa jadi kurang bersih (sisa residu detergennya maksutnya). Lha trus gimana dong caranya,..? :-( sabar, nih kendil laundry gresik kasih tips untuk menghilangkan sisa detergen, simak baik-baik ya, jangan lupa kasih komentar yang positif jangan yang negatif :-)

Ayo kita bilas pakai air cuka, nah loh :-), nih penjelasannya:

Cuka laundry ( bisa juga menggunakan cuka masak :-) beneran lho) berguna untuk meluruhkan sisa-sisa detergen, alkali, kimia yang melekat pada pakaian setelah proses cuci. Kan pada saat nyuci kita pakai detergen, bleach, alkali, dll. Jadi manfaat cuka laundry ini sangat baik untuk kesehatan kulit anda, selain itu pemberian cuka laundry pada air bilasan dapat juga untuk melembutkan seratkain pakaian anda, juga dapat mematikan kuman dan bakteri, plus bonus tambahan yaitu mengawetkan warna pakaian. wow,…. :-)

hey, anda harus tau kalau anda mencuci menggunakan detergen kemudian pembilasannya kurang bersih (sisa kandungan detergen masih nempel di baju) maka pada saat setrika kemungkinan gosong jadi lebih tinggi. So, anda boleh memanfaatkan cuka pada saat pembilasan. Detergen, alkali atau kimia laundry lainnya bersifat basa dengan kadar PH 10 atau diatasnya, sehingga dengan diberi cuka maka akan bisa neutral, sebab cuka memiliki sifat asam. Begitu sederhanaya, untuk lebih detail mengenai reaksi kimia anda boleh tanya ke ahli kimia, he3x :-) tetapi menurut pengalaman kami begitu itu. Ok? :-)

Semoga bermanfaat ya info ini
Tips / Artikel Lain-nya :

Gimana Cara Mencuci Pakaian Berbahan Wol

Perhatian penting :-)jangan sekali-sekali mencampur cucian berbahan wol dengan pakaian berbahan sutra karena serat wol dapat dengan mudah menempel pada pakaian berbahan sutra.
Sebenarnya untuk mencuci pakaian wol terdapat detergen/sabun khusus yang biasanya lebih lembut (mild woolwash soap). Yang perlu juga diperhatikan sebaiknya saat mencuci (laundry) juga jangan menggunakan mesin cuci tapi menggunakan metode mencuci tradisional, yaitu cuci manual alias di kucek,.wkwkwwk, :-) emang bener begitu kawan lebih baik dicuci manual biar serat pakaian tidak rusak. Begitu juga pada saat mengeringkannya jangan dengan cara digantung menggunakan gantungan baju soalnya dapat menyebabkan melar dan berubah bentuknya, juga jangan dijemur diterik matahari atau dikeringkan dimesin pengering pakaian yang mengeluarkan uap panas karena dapat menyebabkan warnanya memudar dan mengkerut kainnya. Jadi jemur aja di ruang tertutup, pakai angin sepoi-sepoi,..he3x :-). Repot banget ya kain wol ini :-(,… tapi tidak apa-apa, namanya juga demi keawetan dan umur panjang pakaian anda :-). Cukup sekian ya kawan-kawan tipsnya untuk hari ini, semoga bermanfaat :-)ups hampir lupa nimbrung promo, kalau nggak mau repot bawa saja ke kendil laundry gresik, he3x :-)

http://kendillaundry.wordpress.com/tips-dan-trik/

Tips / Artikel Lain-nya :

Bijaklah menggunakan Bleach (Pencerah warna / pemutih)

Ketemu lagi :-)

Kali ini kendil laundry gresik akan coba untuk membahas mengenai penggunaan Bleach (Pencerah Warna / Pemutih) dalam kegiatan mencuci kita (laundry). Seringkali pakain putih kita terkena noda, atau bahkan mungkin pakaian kita sudah kusam,… :-). Biasanya kalau itu yang terjadi maka kita akan menggunakan bleach/pemutih agar pakain kita yang udah kusam balik lagi menjadi lebih putih. Namun tahukah kawan-kawan bahwa penggunaan bleach yang terlalu sering akan membuat serat pakaian kita menjadi rapuh,..?? :-), warnanya hilang (pudar) bahkan seringkali malah pakaian kita jadi kelunturan. Waduh jadi tambah repot kalu begitu,.. :-). He3x makanya pakai sesuatu itu sesuai dengan porsinya :-). Mengapa bleach memiliki dampak demikian,..? karena bleach dapat mengekstraksi warna sehingga warna pakaian akan dengan mudah luruh. Seringkali orang-orang beranggapan bahwa kalau kita nyuci pakai air panas (pilihan dalam mesin cuci bro, jangan pakai tangan trus pakai air panas, bisa-bisa tangannya yang kepanasan :-( )adalah pilihan yang terbaik, padahal justru kalau kita memilih menu air panas pada mesin cuci kita / merendam pada cuci manual dan kita memakai bleach dalam mencuci (laundry) seringkali malah membuat tingkat resiko kelunturan warna semakin tinggi, selain itu ada dampak sampingannya yaitu rusaknya serat pakaian kita,…waaahhhhh, :-). Oke, oke he3x, memang ada banyak jenis noda yang mudah dihilangkan dengan menggunakan air panas dan bleach, itu disebabkan oleh zat chlorine (kaporit) yang terkandung di dalam bleach berfungsi lebih aktif pada temperatur air panas. (sebenarnya suhu ideal yang masih boleh dipakai adalah sekitar 60 – 70 derajat Celcius. Sebaiknya air yang sudah dicampur denganb bleach tidak dipakai untuk ngrendem (merendam : EYD) :-) pakaian berwarna, tapi masih boleh kalau hanya untuk mencelup saja, dan langsung diangkat dan dibilas sambil dikucek dengan air bersih pada bagian pakaian yang terkena noda. (sebenernya perendaman menggunakan bleach itu hanya cocok untuk pakaian putih.
He3x, :-) jadi sebaiknya jika tidak terlalu diperlukan jangan pakai bleach aja lah :-) atau pakai saja bleach pada saat benar-benar diperlukan. Yups, jadi itu ya kawan-kawan sedikit yang bisa saya bagi kali ini untuk berbagai tips mencuci (laundry). Bila kawan-kawan berkenan boleh menambahkan informasinya dengan meninggalkan jejak disini :-) comment maksutnya, k o m e n t a r,..sekian dulu ya semoga bermanfaat :-)

Tips / Artikel Lain-nya :

Noda Darah Pada Pakaian

Noda darah pada pakaian bisa hilangkah,…? he3x, tenang dulu kawan-kawan, disini Kendil Laundry Gresik akan coba membagi tips untuk menghilangkan noda darah pada pakaian. Simak dibawah ini ya,…
Untuk menghilangkan noda darah pada pakaian bisa dilakukan dengan melakukan perendaman pakaian pada air yang telah diberi garam (larutan garam),…he3x ternyata garam banyak fungsinya kawan, bukan hanya untuk masak,..bisa juga membantu untuk menghilangkan noda. Nah setelah pakaian direndam dalam air garam selama minimal 30 menit, baru pakaian anda cuci dengan detergen seperti biasanya dan bilas hingga bersih.
Ok, itu sedikit tips yang saya bagi, semoga berguna, bermanfaat dan barokah. Amin.

Tips / Artikel Terbaru Lain-nya :

Agar Mesin Cuci Awet

Banyaknya cucian kita terkadang membuat kerja mesin cuci kita jadi ekstra padat, (seandainya dia bisa ngomong mungkin dia akan bilang, capek Gan, istirahat bentar please,..?hehehehe)_”. Bercanda aja.
Mesin cuci seperti halnya mesin yang lain, memerlukan perawatan agar dapat bekerja maksimal dan tentunya masa pakainya lama / awet. Nah, agar supaya mesin cuci kita dapat seperti itu, maka diperlukan perawatan yang benar, berikut ini beberapa Tips merawat mesin cuci, silahkan dibaca :
1. Jangan memasukkan tangan anda ke dalam tabung mesin cuci atau mesin pengering pada saat mesin beroperasi (khusus untuk mesin top loading, sebab kalau front loading pada saat operasi otomatis pintu akan terkunci) .
2. Mesin cuci harus diletakkan jauh dari mesin yang lain, (pengering) dan juga dari jangkauan anak-anak.
3. Jangan sekali-kali menyemprotkan air ke modul/control panel mesin, bisa merusak.
4. Hindarkan mesin cuci dari sinar matahari secara langsung, juga dari tempat-tempat yang lembab, dan jangan lupa sering-sering bersihkan mesin cuci dari debu dengan cara mengelap menggunakan kain bersih yang diberi sedikit air)
5. Gunakan detergen sesuai dengan petunjuk pemakaian, jangan berlebihan sebab endapan detergen seringkali terdapat pada kotak detergen pada mesin cuci anda, jika itu yang terjadi maka lepas kotak detergen anda, lalu bersihkan dengan air dan sikat lembut.
6. Setelah anda selesai menggunakan mesin cuci, jangan lupa matikan mesin lalu cabut stop kontak. Perlakuan ini selain membuat mesin cuci lebih awet juga dapat menghemat listrik.
7. Sesuaikan kapasitas mesin cuci dengan pakaian yang hendak dicuci, jangan terlalu banyak sehingga membuat putaran motor penggerak berat.
Nah, itu beberapa langkah sederhana untuk membuat umur mesin cuci anda panjang,..he3. Semoga dapat berguna.

Tips / Artikel Lain-nya :

Tips Hilangkan Noda Tinta Yang Sudah Kering

Bapak-bapak, ibu-ibu,mas-mas, mbak-mbak, :-), pernah nggak ngalami kejadian pas lagi liburan atau jauh dari rumah trus tiba-tiba pas kita lagi makan, atau nyantai, atau ngapain aja :-) eeeehhh baju kita kena noda, atau pas lagi duduk ayem, eh kita lagi duduk di atas noda, he3x :-) intinya pakaian kita ternoda trus kita nggak bisa segera melakukan pencucian sehingga noda itu keburu kering trus susah dihilangkan, padahal itu pakaian andalan he2x :-) kesayangan maksud saya. Nah, kalau kejadiannya kayak gitu nggak usah panik nggak usah bingung kayak habis terima hadiah milyaran, he2x :-). Kami Kendil Laundry Gresik, suka kok mencuci pakaian anda :-) promo atau suka juga kok berbagi tips, nah salah satunya sekarang kita akan bagi tips untuk menghilangkan noda yang sudah terlanjur kering.
Tapi untuk artikel ini khususnya noda tinta, tapi juga bisa kok di aplikasikan pada noda lainnya, simak baik-baik ya

Seringkali Noda tinta atau kotoran yang sudah kering dan sukar untuk dihilangkan pada pakaian sebenarnya (pada dasarnya) masih bisa dihilangkan dengan cara direndam atau dicuci dengan cairan khusus pembersih noda (stain remover). Kita juga bisa mencoba dengan cara-cara warisan moyang kita,..he3x (cara tradisional) yaitu dengan cara menggunakan air jeruk nipis. Noda tinta atau kotoran yang sudah kering tersebut ditetesi dengan air jeruk nipis sambil dikucek sedikit (boleh disikat menggunakan sikat gigi yang masih baru, soalnya lebih lembut), kemudian jemur pakaian itu dibawah terik matahari selama beberapa saat saja, setelah itu cuci dengan air sebelum dicuci dengan menggunakan detergen atau cairan sabun cuci. Atau bisa juga dengan mengoleskan campuran sabun colek, pasta gigi, citroenzuur (cari ditoko kue), dan sabun mandi lembut ke noda pada pakaian dan menyikat pelan-pelan menggunakan sikat gigi berbulu halus. Bilas dengan air bersih, lalu ulangi perlakuan seperti diatas beberapa kali sampai noda benar-benar hilang.

Ok, sekian dulu tips saat ini,.. semoga berhasil dan semoga bermanfaat.

Tips / Artikel Lain-nya :

Tips Mencuci Sepatu dan Tas

Kali ini saya akan berbagai tips untuk mencuci sepatu dan tas, semoga bermanfaaat ya,..

Walau sepatu dan tas bisa dicuci dengan menggunakan detergen biasa, namun akan lebih baik bila mencucinya dengan cairan sampo khusus untuk sepatu dan cairan pembersih untuk mencuci tas.
Mencuci sepatu dan tas kain atau yang terbuat dari anyaman serat jerami atau jenis serat lainnya, sebaiknya dengan cairan pembersih sepatu atau tas. Bedakan antara cairan pembersih yang khusus untuk sepatu atau tas berbahan kain dan yang berbahan kulit atau suede.
Mencuci tas kain bisa juga dengan menggunakan sampo bayi berbusa lembut. Bilas dengan air bersih lalu jemur dengan diangin-anginkan. Hindari menjemur tas dari bahan serat jerami/serat lain dengan cara langsung menjemurnya dibawah sinar matahari, karena dapat menyebabkan mengerut. Tas yang terbuat dari kain bisa dijemur langsung dibawah sinar matahari, namun untuk menghindari resiko, lebih baik dijemur dibawah atap seng.
Sepatu kets atau sepatu berbahan atau karet / plastik sebaiknya tidak dicuci menggunakan detergen berbahan keras karena dapat menimbulkan efek pecah-pecah pada permukaan sepatu. Gunakan sampo khusus untuk sepatu atau pakai alternatif dengan menggunakan sampo rambut. Setelah dicuci bersih, bilas dengan air bersih dan dijemur atau dikeringanginkan dibawah atap seng.
Sepatu dan tas yang terbuat dari kulit disarankan untuk tidak direndam dalam air. Cara pencucian cukup digosok dengan selembar spons atau kain bersih yang dibasahi dengan cairan pembersih khusus untuk sepatu dan tas kulit. Ada banyak sekali pembersih ini dipasaran. Anda dapat membelinya di toko-toko sepatu, butik tas kulit, supermaket hingga hardware store dipusat-pusat pembelanjaan. Produk pembersih yang dikenal cukup efektif membersihkan sepatu dan tas kulit, misalnya Tarrago, Ecco, Collonil, Vibtech. Jangan lupa oleskan semir dan semprotkan pelindung maupun pewangi khusus sepatu.

Numpang promosi bagi yang males, bawa saja ke kendil laundry gresik tasnya, pasti datang kotor pulang bersih :-)

Tips / Artikel Lain-nya :

CARA MENCUCI BONEKA

Kawan-kawan kita ketemu lagi, dewasa ini banyak sekali ikon-ikon boneka yang menjadi dekat dengan anak-anak kita, misalnya spongebob, shaun the sheep, upin ipin, dll. Saking seringnya dibuat teman bermain oleh anak-anak kita tak jarang membuat kondisi boneka si kecil menjadi kotor dan berdebu. Wah, kalau dibiarkan berdebu pasti tidak baik untuk kesehatan si kecil, kalau mau dilarang memakainya untuk bermain, wah kasihan dong si kecil :-( , he3. Jangan ragu jangan bimbang, laundry saja bonekanya di Kendil Laundry Gresik atau cuci sendiri saja (pelit banget) he3x :-). Nah, kali ini kendil laundry akan berbagi tips mencuci boneka, biar mainan si kecil ini tetap bersahabat, simak baik-baik ya :-)

Boneka dapat dicuci dan dibersihkan dengan beberapa cara. Namun sebelum kawan-kawan mencucinya, ada baiknya lihat dulu tag yg berada di boneka tersebut untuk memastikan apakah boneka bisa dicuci dengan mesin, dengan tangan atau hanya dry cleaning.

Untuk boneka yg tidak memiliki tag, anda bisa menggunakan insting anda atau memperkirakan cara untuk mencucinya dan berikut adalah beberapa tehnik untuk mencuci boneka:

Cara Pertama: Menggunakan Kain Basah

Jika bonekanya hanya berdebu dan tidak terlalu kotor atau terbuat dari bahan/bulunya mudah rontok, cukup diseka dengan kain yang telah dibasahi air hangat ke seluruh bagian boneka. Setelah itu lakukan steaming dengan handsteamer.

Cara Kedua: Mencuci Dengan Air

Untuk boneka yang sangat kotor, anda bisa mencucinya menggunakan mesin cuci atau tangan layaknya mencuci pakaian. Namun mencuci dengan cara ini harus sedikit hati-hati. Lihatlah terlebih dahulu label yg ada di boneka untuk tanda-tanda apakah bisa dicuci dengan mesin cuci atau tangan.

Persiapan:

  • Kantung Laundry (laundry bag ) atau sarung bantal putih polos.

Proses:

  1. Masukan boneka kedalam kantung laundry atau sarung bantal. Ikat kantung laundry/bantalnya dengan rapat agar boneka tidak keluar dari kantung. Menggunakan kantung ini dilakukan agar boneka tidak rusak dan bulu boneka tidak rontok kemana-mana pada saat proses laundry dilakukan.
  2. Masukan kantung laundry/bantal yg telah berisi boneka kedalam mesin cuci lalu atur kecepatan mesin cuci ke speed yg paling slow/pelan kemudian Masukan deterjen. Takaran deterjen untuk mencuci boneka tidaklah sebanyak takaran deterjen untuk mencuci pakaian biasa. Kira-kira hanya butuh seperempat takaran saja.
  3. Bilas boneka yg telah dicuci dengan air bersih dan pada saat membilas, tidak perlu menambah softener/pelembut dengan harapan dapat membuat boneka menjadi lembut. Menurut pengalaman, penggunaan softener malah merusak boneka dan membuat warnanya luntur, jadi cukup dengan air bersih saja.
  4. Setelah pembilasan, peras boneka dengan cara ditekan-tekan dengan tangan atau diinjak-injak untuk mengeluarkan sisa airnya.
  5. Keringkan boneka yg baru dicuci dengan cara diangin-angini atau jemur ditempat yg teduh. Bila anda ingin mengeringkan boneka dengan mesin pengering, gunakanlah low heat mode/tidak terlalu panas.
  6. Setelah kering, rapikan kembali bulu-bulunya dengan jari tangan, jangan menggunakan brush/sisir binatang yg dapat merusak boneka, menggunakan sisir datar (sisir laki) boleh asal menyisirnya tidak terlalu kencang dan hati-hati.
  7. Finishing: Sebelum dipacking kedalam plastik, pastikan apakah boneka benar-benar kering untuk menghindari bau lembab atau jamur. Semprotkan parfum laundry untuk membuat boneka lebih segar dan wangi.

 

Cara Keempat: Menggunakan Baking Soda.

Menggunakan Baking Soda sangat ampuh untuk membersihkan boneka yg bulunya sangat mudah rontok atau boneka yg sudah tua dan antik.

Persiapan:

  • Kantung Kertas/Plastik.
  • Baking Soda. (cari di toko kue atau

Proses:

  1. Masukan boneka kedalam kantung kertas. Bila tidak ada kantung kertas, anda bisa memasukannya kedalam plastik packing laundry.
  2. Masukan baking soda secukupnya kedalam kantung kertas/plastik yg telah berisi boneka. Takaran disesuaikan dengan ukuran dan jangan terlalu berlebihan dan yg penting merata keseluruh bagian.
  3. Tutup rapat kantung kertas/plastik dan guncang-guncang selama beberapa saat untuk meratakan baking soda keseluruh bagian boneka. Biarkan selama 15 menit lagar baking soda bekerja lalu keluarkan boneka.
  4. Bersihkan baking soda yg ada di boneka dengan tangan atau menepok-nepoknua lalu ambil kain basah dan seka rata seluruh bagian boneka untuk membersihkan baking soda yg menempel.
  5. Setelah bersih anda boleh memberikan sedikit uap steamer ke seluruh bagian boneka untuk membersihkan bagian dalam, namun ingat, ketika baking soda sudah tidak satupun menempel lagi di bagian boneka karena bisa-bisa kalau terkena steam akan menggumpal dan memberikan effek reaksi kimia busa dan meninggalkan jejak spot bercak putih saat busanya kering.
  6. Finishing: Pada saat packing, berikan sedikit parfum untuk membuatnya menjadi fresh namun disemprotkan merata dari jauh agar tidak menggumpal di bulu boneka.

Ke empat cara diatas bisa anda gunakan untuk mencuci dan membersihkan boneka. Pemilihan cara mencuci mana yg paling baik adalah tergantung dari bahan boneka tersebut.

Tips Tambahan:

  • Sebelum boneka dibersihkan, periksalah dulu bagian boneka apakah ada yg robek atau rusak seperti bagian lengan, leher, atau kaki-kaki. Bila ada kerusakan, anda harus memperbaikinya terlebih dahulu dengan menjahitnya manual agar nanti bila dibersihkan tidak menimbulkan kerusakan lebih jauh.
  • Sebelum mencuci boneka, lihatlah label tag boneka untuk memastikan cara mencucinya yg benar.
  • Tidak semua boneka memiliki bahan yg sama, ada sebagian boneka yg berbahan yg bila dicuci dengan air akan membuatnya menjadi susut/mengempis dan merusak bentuknya.
  • Boneka yg tua dan antik biasanya lebih rentan rusak untuk dibersihkan, lihatlah pada daun telinganya apakah ada pin atau tidak karena biasanya yg memiliki pin adalah boneka antik. Untuk boneka tua lakukan pembersihan dengan cara keempat menggunakan baking soda.
  • Penggunaan Softener dapat melunturkan boneka, hindari penggunaan softener/pelembut pakaian.
  • Untuk boneka yg kusut setelah di bersihkan, gunakan tangan untuk merapikannya atau gunakan sisir yg jarang dan tipe lurus, bukan tipe brush.

Tips / Artikel Lain-nya :

Cara Mencuci Bad Cover

Laundry di Gresik memang banyak sekali, tumbuh pesat bagaikan jamur dimusim hujan, he2 :-), tapi tidak semuanya mau membagi tips dan triknya untuk kawan-kawan, he2 :-) bercanda, kalau kawan-kawan mau tanya Insya Allah mereka mau kok memberi tahu jawabannya. Nah sekarang kami Kendil Laundry yang juga berdomisili di kota pudak Gresik ini, mau membagi beberapa tips dan trik pada kawan-kawan. mohon disimak ya :-)

Bed Cover saat ini menjadi idola banyak orang (dari dulu kali :-) ), karena selain bisa memperindah tampilan tempat tidur juga sangat nyaman digunakan apalagi saat musim penghujan tiba atau untuk kamar yang menggunakan AC.

Idealnya bed cover di cuci rutin setiap 2 minggu sekali, supaya terjaga kebersihannya dan terhindar dari bakteri dan kuman yang menempel. Nah dibawah ini ada tips untuk mencuci bad cover yang mungkin akan bermanfaat untuk kawan-kawan :

Tips mencuci bed cover :

Pertama, bed cover bisa dicuci menggunakan manual (tangan) atau menggunakan mesin cuci, dicuci bisa menggunakan air dingin atau air hangat atau bisa juga dibawa ke laundry :-).

Jika menggunakan manual (tangan) jangan menggunakan sikat, karena akan merusak permukaan bed cover

Jika mencuci menggunakan mesin cuci, pilihlah kecepatan normal. Jangan terlalu cepat karena akan merusak serat kain

Kedua, sebelum proses pencucian bersihkan noda dengan segera. Untuk Darah, dimana sifatnya yang agak sulit untuk dibersihkan, cobalah merendam sebentar sprei Anda dalam air dingin sebelum dicuci. Untuk minyak, cobalah merendam seprai dengan chemical (kimia) penghilang lemak . Pastikan noda hilang sebelum mengeringkannya karena panas dapat membuat endapan noda semakin dalam, dan semakin sulit dihapus.

Ketiga, cucilah bed cover secara terpisah, jika dicampur dengan cucian lain maka kemungkinan terjadi serat katun panjangnya dari bed cover dapat berinteraksi dengan bulu-bulu halus dari handuk dan bahan lainnya, ini akan membuat kain bed cover menjadi kasar. Akan muncul serat butir bola-bola kecil yang mengganggu pada permukaan bed cover dan pada orang yang sensitif membuat kulit gatal di malam hari.

Keempat, sebaiknya untuk bed cover yang kain permukaannya tipis jangan menggunakan pemutih/bleaching,

Kelima, Sebaiknya jangan merendam bed cover menggunakan detergen terlalu lama, karena akan merusak lapisan yang lembut

Keenam, pada saat memeras bed cover sebaiknya jangan terlalu keras atau diperas sekuat , atau kalau kawan-kawan menggunakan mesin cuci maka atur pilihan menu spin (putaran) yang paling rendah.

Ketujuh, untuk bed cover yang lapisan luar tipis sebaiknya jangan dijemur dibawah sinar matahari langsung, cukup dianginkan saja.

Kedelapan, pastikan bed cover benar-benar kering, balik setelah beberapa jam supaya kering merata dan supay menghindari bau apek karena bed cover yang setengah kering.

Kesembilan, Setrika dengan panas yang sedang saja.

Kesepuluh, kalau nggak mau repot/ribet dan capek, mendingan kawan-kawan bawa saja ke kendil laundry Gresik Jln. Banjarmasin no 18 Perumahan GKB, Gresik. :-) promo dikit bolehkan,..?

Oke, itulah sedikit tips mencuci bed cover semoga dapat bermanfaat untuk kawan-kawan semua.

Tips / Artikel Lain-nya :