CARA MENCUCI BONEKA

Kawan-kawan kita ketemu lagi, dewasa ini banyak sekali ikon-ikon boneka yang menjadi dekat dengan anak-anak kita, misalnya spongebob, shaun the sheep, upin ipin, dll. Saking seringnya dibuat teman bermain oleh anak-anak kita tak jarang membuat kondisi boneka si kecil menjadi kotor dan berdebu. Wah, kalau dibiarkan berdebu pasti tidak baik untuk kesehatan si kecil, kalau mau dilarang memakainya untuk bermain, wah kasihan dong si kecil :-( , he3. Jangan ragu jangan bimbang, laundry saja bonekanya di Kendil Laundry Gresik atau cuci sendiri saja (pelit banget) he3x :-). Nah, kali ini kendil laundry akan berbagi tips mencuci boneka, biar mainan si kecil ini tetap bersahabat, simak baik-baik ya :-)

Boneka dapat dicuci dan dibersihkan dengan beberapa cara. Namun sebelum kawan-kawan mencucinya, ada baiknya lihat dulu tag yg berada di boneka tersebut untuk memastikan apakah boneka bisa dicuci dengan mesin, dengan tangan atau hanya dry cleaning.

Untuk boneka yg tidak memiliki tag, anda bisa menggunakan insting anda atau memperkirakan cara untuk mencucinya dan berikut adalah beberapa tehnik untuk mencuci boneka:

Cara Pertama: Menggunakan Kain Basah

Jika bonekanya hanya berdebu dan tidak terlalu kotor atau terbuat dari bahan/bulunya mudah rontok, cukup diseka dengan kain yang telah dibasahi air hangat ke seluruh bagian boneka. Setelah itu lakukan steaming dengan handsteamer.

Cara Kedua: Mencuci Dengan Air

Untuk boneka yang sangat kotor, anda bisa mencucinya menggunakan mesin cuci atau tangan layaknya mencuci pakaian. Namun mencuci dengan cara ini harus sedikit hati-hati. Lihatlah terlebih dahulu label yg ada di boneka untuk tanda-tanda apakah bisa dicuci dengan mesin cuci atau tangan.

Persiapan:

  • Kantung Laundry (laundry bag ) atau sarung bantal putih polos.

Proses:

  1. Masukan boneka kedalam kantung laundry atau sarung bantal. Ikat kantung laundry/bantalnya dengan rapat agar boneka tidak keluar dari kantung. Menggunakan kantung ini dilakukan agar boneka tidak rusak dan bulu boneka tidak rontok kemana-mana pada saat proses laundry dilakukan.
  2. Masukan kantung laundry/bantal yg telah berisi boneka kedalam mesin cuci lalu atur kecepatan mesin cuci ke speed yg paling slow/pelan kemudian Masukan deterjen. Takaran deterjen untuk mencuci boneka tidaklah sebanyak takaran deterjen untuk mencuci pakaian biasa. Kira-kira hanya butuh seperempat takaran saja.
  3. Bilas boneka yg telah dicuci dengan air bersih dan pada saat membilas, tidak perlu menambah softener/pelembut dengan harapan dapat membuat boneka menjadi lembut. Menurut pengalaman, penggunaan softener malah merusak boneka dan membuat warnanya luntur, jadi cukup dengan air bersih saja.
  4. Setelah pembilasan, peras boneka dengan cara ditekan-tekan dengan tangan atau diinjak-injak untuk mengeluarkan sisa airnya.
  5. Keringkan boneka yg baru dicuci dengan cara diangin-angini atau jemur ditempat yg teduh. Bila anda ingin mengeringkan boneka dengan mesin pengering, gunakanlah low heat mode/tidak terlalu panas.
  6. Setelah kering, rapikan kembali bulu-bulunya dengan jari tangan, jangan menggunakan brush/sisir binatang yg dapat merusak boneka, menggunakan sisir datar (sisir laki) boleh asal menyisirnya tidak terlalu kencang dan hati-hati.
  7. Finishing: Sebelum dipacking kedalam plastik, pastikan apakah boneka benar-benar kering untuk menghindari bau lembab atau jamur. Semprotkan parfum laundry untuk membuat boneka lebih segar dan wangi.

 

Cara Keempat: Menggunakan Baking Soda.

Menggunakan Baking Soda sangat ampuh untuk membersihkan boneka yg bulunya sangat mudah rontok atau boneka yg sudah tua dan antik.

Persiapan:

  • Kantung Kertas/Plastik.
  • Baking Soda. (cari di toko kue atau

Proses:

  1. Masukan boneka kedalam kantung kertas. Bila tidak ada kantung kertas, anda bisa memasukannya kedalam plastik packing laundry.
  2. Masukan baking soda secukupnya kedalam kantung kertas/plastik yg telah berisi boneka. Takaran disesuaikan dengan ukuran dan jangan terlalu berlebihan dan yg penting merata keseluruh bagian.
  3. Tutup rapat kantung kertas/plastik dan guncang-guncang selama beberapa saat untuk meratakan baking soda keseluruh bagian boneka. Biarkan selama 15 menit lagar baking soda bekerja lalu keluarkan boneka.
  4. Bersihkan baking soda yg ada di boneka dengan tangan atau menepok-nepoknua lalu ambil kain basah dan seka rata seluruh bagian boneka untuk membersihkan baking soda yg menempel.
  5. Setelah bersih anda boleh memberikan sedikit uap steamer ke seluruh bagian boneka untuk membersihkan bagian dalam, namun ingat, ketika baking soda sudah tidak satupun menempel lagi di bagian boneka karena bisa-bisa kalau terkena steam akan menggumpal dan memberikan effek reaksi kimia busa dan meninggalkan jejak spot bercak putih saat busanya kering.
  6. Finishing: Pada saat packing, berikan sedikit parfum untuk membuatnya menjadi fresh namun disemprotkan merata dari jauh agar tidak menggumpal di bulu boneka.

Ke empat cara diatas bisa anda gunakan untuk mencuci dan membersihkan boneka. Pemilihan cara mencuci mana yg paling baik adalah tergantung dari bahan boneka tersebut.

Tips Tambahan:

  • Sebelum boneka dibersihkan, periksalah dulu bagian boneka apakah ada yg robek atau rusak seperti bagian lengan, leher, atau kaki-kaki. Bila ada kerusakan, anda harus memperbaikinya terlebih dahulu dengan menjahitnya manual agar nanti bila dibersihkan tidak menimbulkan kerusakan lebih jauh.
  • Sebelum mencuci boneka, lihatlah label tag boneka untuk memastikan cara mencucinya yg benar.
  • Tidak semua boneka memiliki bahan yg sama, ada sebagian boneka yg berbahan yg bila dicuci dengan air akan membuatnya menjadi susut/mengempis dan merusak bentuknya.
  • Boneka yg tua dan antik biasanya lebih rentan rusak untuk dibersihkan, lihatlah pada daun telinganya apakah ada pin atau tidak karena biasanya yg memiliki pin adalah boneka antik. Untuk boneka tua lakukan pembersihan dengan cara keempat menggunakan baking soda.
  • Penggunaan Softener dapat melunturkan boneka, hindari penggunaan softener/pelembut pakaian.
  • Untuk boneka yg kusut setelah di bersihkan, gunakan tangan untuk merapikannya atau gunakan sisir yg jarang dan tipe lurus, bukan tipe brush.

Tips / Artikel Lain-nya :

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s