Tradisional dan Modern, Perubahan dan Perkembangan Sabun Cuci/Detergen

Seiring dengan lebaran 1433 maka Kendil Laundry mengucapkan Minal Aidzinwalfaidzin, mohon maaf lahir dan batin kepada seluruh kawan-kawan.
Nah kali ini, kendil laundry gresik akan mengupas pola cuci tradisional yang sudah dipakai oleh nenek moyang kita dahulu. Ada beberapa yang mencuci dengan menggunakan sabun cuci alami seperti penggunaan buah lerek sebagai pengganti sabun. Lerek yang merupakan bahan alami selain lebih ramah lingkungan, juga memiliki kemampuan khusus bagi anda yang memiliki baju batik istimewa dan ingin memeliharanya agar tetap bagus dari segi warna batik, maupun keawetan serat kain batik. Kini lerek telah diproduksi secara modern (kemasan dan distribusinya) sehingga lebih mudah digunakan dan tak perlu repot membuatnya sendiri, karena saat ini selain sulit untuk menemukan daun lerek, juga tidak semua orang mampu mengekstraknya untuk dapat dijadikan sabun. Anda dapat menemukan banyak toko lerek di internet.

Nah, setelah munculnya sabun cuci modern maka kebiasaan mencuci ini mulai bergeser dari yang dahulu menggunakan lerek berganti dengan menggunakan sabun/detergen bubuk. Bahkan telah banyak kimia khusus untuk menghilangkan noda, termasuk juga pemutih (bleach). Sekarang detergen-pun telah berkembang dari bentuk bubuk ke bentuk cair, yang diyakini lebih mudah larut dan lebih efektif dalam menghilangkan noda.

Namun ternyata ditengah hegemoni detergen modern (:-)) ternyata masyarakat kita juga masih memperhatikan sabun tradisional, apalagi sekarang geliat sabun tradisional sudah begitu kuat dengan perubahan penampilan dan distribusi, sehingga lebih mudah didapatkan konsumen.

Kawan-kawan, menurut kendil laundry gresik dengan banyaknya pilihan sabun maka kita harus lebih selektif dalam menentukan sabun/detergen yang akan digunakan. Utamakan manfaat dan keamanan terhadap serat pakaian anda, selain itu mencuci dengan memperhatikan label cuci pada pakaian akan lebih baik, lebih sesuai dengan jenis bahan masing-masing pakaian.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s